10.01.2013

Cara Hemat ala Wandiawan

klik gambar biar gede.

Baru aja jalan ke salah satu mall di depok sendirian. Ya sendirian. Niatnya sih mau cari cewek sepatu aja karena sepatu gue kayanya udah laper, bawahnya udah melet-melet kemana-mana tapi nafsu gue enggak tertahan disana, malah beli celana dan jersey juga.

Pas pulang ke kostan bawa barang-barang itu, gue taruh di lantai, minum sedikit terus lihat barang-barang belanjaan tadi, kaki gue tersipu, muka penuh penyesalan dan tangan keatas sambil teriak "KENAPA GUE BELI BARANG-BARANG INIIII???!! KENAPA??!!...".

Kejadian ini pastinya membuat ATM gue kering kerontang dan berusaha cari solusi gimana caranya biar gue enggak boros dan enggak jomblo lagi. Kenapa? Oke cukup nyari cara biar enggak boros aja.
Setelah bersemedi berdetik-detik lamanya, akhirnya gue menemukan cinta cara agar gue enggak bisa lagi boros, caranya emang agak aneh sih tapi patut di coba:

Pertama: Atur skema tidur.

Ini yang sering di lakukan sama anak kostan di akhir bulan, konsepnya adalah Kalo laper pergi tidur. Jadi tidur adalah senjata utama buat menghilangkan atau lebih pasnya lagi melupakan rasa lapar di perut, nah biar hemat bangunlah dari tidur hampir jam 12 siang, biar langsung makan siang karena mau makan pagi juga tanggung, dan di malamnya kalo udah ngerasa laper langsung di bawa tidur aja, jadi makannya dalam sehari cuma sekali :D (Miris yahhh ckck).

- Atau yang mau menurunkan berat badan bisa ikut OCDnya @corbuzier

Kedua: Pasang foto keluarga di belakang katu ATM atau kredit.


Ini adalah cara yang menurut gue ampuh yaitu dengan kita menaruh foto keluarga atau setidaknya foto orang tua kita di belakang kartu ATM atau kartu kredit di dompet. Jadi, setiap mau ngambil atau gesek kartu otomatis kita melihat foto orangtua, dan secara enggak langsung foto itu membuat kita berfikir lagi untuk boros.

Ketiga: Punya pacar yang pelit, medit, kucer ngawet.

Katanya, bank yang paling aman itu adalah istri. Disini kita turunkan jenjangnya ke pacar, dengan pasangan kita pelit-medit-kucer-ngawet akan mencegah kita buat beli barang-barang yang enggak perlu, kalo pun harus beli pasti dia bakal nawar yang enggak kira-kira alang sampe orang pemilik tokonya ngambek dan ngomong "Sekalian aja mbak ambil toko saya...!!!".

Keempat: Kalo pacarnya gak pelit, medit, kucer ngawet ya jangan punya pacar.

Yup, ini serius, kalo punya pacar pasti uang kita secara enggak langsung terpangkas sama kegiatan pacaran kaya makan, jalan, dan lain-lain. Jadi mending main games aja! Bro, sekarang udah relase PES 2014, GTA 5, dan sebentar lagi bakal release FIFA 14! Jadi tinggalin pacar move on ke game HAHAHA.

Ya itu dia cara-cara biar bisa hemat hasil semedi gue, dan gue enggak bertanggung jawab atas kelaparan, kegalauan, atau apapun itu yang disebabkan oleh cara-cara diatas :D.

By the way, malem ini adalah malam bertambahnya umur gue loh :)).


26 komentar:

  1. bener yang keempat. kalo mau hemat gausah jalan-jalan dan gausah punya pacar, diem aja dirumah sambil main game hehe

    BalasHapus
  2. Hahaha...... point nomor 2 bijak banget ya kayaknya wan, jadi sedih gue :')
    Ohiya, kemana aja lo? baru update lagi.

    BalasHapus
  3. Hahaha setuju tuh sama si mamat. Nomor dua emang paling oke kayaknya. Patut dicoba tuh kayaknya..
    Gile, jurusan apa emang lu wan, ospek dua bulan gitu?

    BalasHapus
  4. Coba ahhhhh :)

    mampir+coment balik ya broo di blog gue ;)

    BalasHapus
  5. Shaum Senin Kamis aja biar hematnya dapet, pahalanya juga. :D

    BalasHapus
  6. Coba ahk tips nya.. Kayaknya Tips yang ke 2 itu eneh deh menurut gue, biasanya orang masang poto mantan loh ini masang poto keluarga #Ngakak xD
    Followback blog gue ya Wan http://febriypondlif.blogspot.com/ :')

    BalasHapus
  7. wah nestapa juga ya jadi anak kost.hahahaha. aku juga pernah ngalamin waktu masih kostan. ada beberapa tips lain sih buat pengehematan ketat. kebetulan aku kuliah di jogja. di sini banyak warung burjo, emang sih judulnya warung bubur kacang ijo tapi menu utama disini adalah mie instan berbagai macam rasa. makan disini cukup murah meriah 3000-4500 minumnya air putih yang gratis,heheheeh.

    kata orang jogja itu murah kalo makan di angkringan tapi disitulah pemborosan makan tak terlihat alias jebakan betmen. emang keliatan murah satu satu Rp1000 emang cukup makan cuma satu nasi paling nggak 3 jadi 3000. belum lagi kalau pengen sate (usus,telor,ayam) harganya 1000. lauk lainnya gorengannya 2 jadi 1000. makan gak pake kerupuk nggak lengkap tambah 1000 lagi, minumnya es teh Rp.1000 udah gitu masih tergoda sama ceker ayam 1000 total Rp.8000. nah loh kalo di burjo bisa dapet 2 porsi mie atau paling nggak nasih ayam pake es teh. hati-hatilah buat yang doyang ke angkringan.

    tips lainnya adalah cari tebengan makan. tentunya jangan ke sesama anak kost. tapi cari temen yang tinggal di rumah ada ortunya pasti kan setiap hari ada makanan tersedia, tebengin aja,hehehehe lumayan buat makan malam. untuk tebengan juga berlaku untuk transportasi kita gak ngeluarin uang bensin or angkot.

    kepepetnya minta duit ortu tapi jangan alasan duit habis tapi. bilang aja buat beli buku segede gaban or buat fotokopi bahan kuliah. bisa juga buat bayar praktek dadakan. dll

    kalo biasanya nyuci di loundrian kita kan punya tangan tuh, sekalian olah raga kucek2 baju sendiri,hehehe. kalo dulu aku punya temen yang ngontrak rumah ada mesin cucinya bisa nebeng di situ jadi gak repot ngucek bajunya.

    selamat mencoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bisa banget lah dicoba tips-tips ini, apa lagi yg nebeng makan haha

      Hapus
    2. Nice tips broh ! Jadi tau info tentang Jogja juga deh :D

      Hapus
  8. Jadi intinya mau hemat, jangan pacaran :'))

    BalasHapus
  9. hahahaha mas bro - mas bro, habis baca tambah nggakak ketawa gue
    kok pas, sesuai dg pengalaman gue, kalo laper ya tidur
    biasa anak kos, pengiritan
    hidup anak kost :) hehehe

    BalasHapus
  10. jadi ketika lapar, gue harus tidur. got it B)

    BalasHapus
  11. tiba-tiba gue jadi merinding memikirkan nasib gue nanti pas jadi anak kost -_-

    BalasHapus
  12. tips yang nomor satu miris banget.. yaa kalo laper makan aja.. gak usah ditahan,kalo udah sakit kan repot juga,harus ke dokter,biaya nya makin gede.

    BalasHapus